Inilah Daftar Link Lengkap sebagai Bukti ‘Valid’ BPN ke MK

BPN Paslon Capres Prabowo-Sandiaga telah mengajukan tuntutan pada malam hari tanggal 24 Mei 2019 yang diwakilkan oleh Bambang Wijayanto (BW).

Pada hari Minggu ini, 26 Mei 2019, di portal berita detik dikabarkan bahwa BPN telah mengirimkan bukti-bukti yang kebanyakan masih berupa link berita. Sumber

Perlu diketahui, bukti-bukti berupa link berita pernah juga diajukan oleh BPN dalam tuntutan kepada Bawaslu sebelum penentuan hasil kapitulasi pemilu 2019 tgl 21 Mei 2019 dini hari. Hasilnya? Ditolak mentah-mentah oleh Bawaslu.

Adapun ini daftar keseluruhan link-link berita yang menjadi Alat Bukti Pengaduan BPN ke MK, sekedar pemberitahuan: kebanyakan link-link berita ini berasal dari situs-situs berita mainstream.

Sepertinya Tim BPN tidak terlalu repot-repot untuk mengumpulkan bukti, mereka cukup modal kuota internet lalu meng-Googling saja.

  1. Bukti P-12
    Bukti link berita 26 Maret 2019 dengan judul ‘Polisi Diduga Mendata Kekuatan Dukungan Capres hingga ke Desa . Keterangan: berita dimuat di situs CNN Indonesia . (Linknya) , dan Logis news (Linknya)
  2. Bukti P-31
    Bukti link berita 7 Januari 2019 dengan judul ‘Pose Dua Jadi di Acara Gerindra, Anies Terancam 3 Tahun Penjara’ . Keterangan: Berita dimuat di situs CNN Indonesia (Linknya), Jambi Tribunnews (Linknya), dan suara.com (Linknya)
  3. Bukti P-14
    Bukti link berita 6 Novemver 2018 dengan judul ‘Pose Jari Luhut dan Sri Mulyani Bukan Pelanggaran Pemilu’ . Keterangan: Berita dimuat di situs Tempo (Linknya) , Merdeka (Linknya) , Okezone (Linknya), dan Kompas (Linknya) .
  4. Bukti P-15
    Bukti link berita 11 Desember 2018 dengan judul ‘Kades di Mojokerto Dituntut 1 Tahun Percobaan karena Dukung Sandiaga’ . Keterangan: Berita dimuat di situs Nusanews (Linknya), Politic Today (Linknya), video Youtube milik ‘Jurnal Mojo’ (Linknya), dan video Youtube milik Politic Today (Linknya).
  5. Bukti P-16
    Bukti link berita 12 Maret 2019 dengan judul ‘Bawaslu Setop Kasus 15 Camat Makassar Deklarasi Dukung Jokowi’ . Keterangan: Berita dimuat di situs CNN Indonesia (Linknya), Pemilu.org (Linknya) , Gelora.co (Linknya), Nusanews (Linknya), Detik (Linknya) , Tirto (Linknya), dan Merdeka (Linknya)
  6. Bukti P-17
    Bukti link berita 13 Januari 2019, dengan judul ‘ Gubernur dan 9 Bupati di Bengkulu Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf’ . Keterangan: Berita dimuat di Jogja Tribunnews (Linknya) , Kompas (Linknya), video Youtube milik Metrotv News (Linknya) , Gerbang Bengkulu (Linknya), Medcom.id (Linknya), MetroTv News (Linknya), dan RRI (Linknya) .
  7. Bukti P-18
    Bukti link berita 10 Januari 2019 dengan judul ‘Wagub Sulbar dan 5 Bupati Deklarasi Dukung Jokowi’. Keterangan: Berita dimuat di situs Makasar Tribunnews (Linknya), dan Saudagar News (Linknya).
  8. Bukti P-19
    Bukti link berita 12 September 2018 dengan judul ’15 Gubernur Tegaskan Dukungan Kepada Jokowi-Ma’rug di Pilpres 2019. Keterangan: Berita dimuat di situs Liputan 6 (Linknya), dan Nasdem Jateng (Linknya).
  9. Bukti P-20
    Bukti link berita 9 April 2019 dengan judul ’12 Kepala Daerah di Sumatera Barat Deklarasi Dukungan Jokowi’. Keterangan : Berita dimuat di situs Kompas (Linknya), Okezone (Linknya) , dan Detik (Linknya) .
  10. Bukti P-21
    Bukti link berita dengan judul ‘6 Kepala Daerah di Maluku Utara Hadiri Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf. Keterangan: Berita dimuat di situs Bisnis.com (Linknya) , Detik (Linknya) , dan Antara News (Linknya).
  11. Bukti P-22
    Bukti link berita dengan judul ‘Bawaslu Putuskan Deklarasi Ganjar dan 31 Kepala Daerah Melanggar’ . Keterangan: Berita dimuat di situs Kompas (Linknya), Kontan (Linknya) , Tribun News (Linknya) , CNN Indonesia (Linknya) , Suara (Linknya) , dan Pos Kota News (Linknya).
  12. Bukti P-24
    Bukti link berita 10 April 2019 dengan judul ‘Jokowi Mendapat Dukungan Saat Hadiri Silaturahmi Nasional Kepala Desa’. Keterangan: Berita dimuat di situs Suara (Linknya) , dan Kompas (Linknya) .
  13. Bukti P-25
    Bukti link berita 2 Agustus 2018, dengan judul ‘Pameran Mobil Jadi Kampanya Tagar #Jokowi2Periode. Keterangan: Berita dimuat di situs Heathnyny (Linknya), dan Detik (Linknya).
BACA JUGA:  Menghitung Suara Tokek: Perppu KPK Terbit/Tidak ?

Demikian sebagian besar link-link berita sebagai barbuk ‘valid’ dari tuntutan BPN kepada MK atas dugaan Kecurangan Pemilu secara Terstruktur, Sistematis, Masif.

Dari link-link di atas ada dua catatan yang penulis berikan:

Pertama, Kebanyakan link berita di atas memuat berita kepala daerah yang mendukung Jokowi sebelum pencoblosan, hal ini menurut Undang-Undang Pemilu belum dikategorikan melanggar, walaupun secara UU Pemda memang tidak etis.

Semua pernyataan dukungan kepala Daerah dilakukan secara terbuka dan diliput media massa, TKN bukan berisi orang-orang bodoh, seandainya mereka sudah tahu itu adalah nyata-nyata pelanggaran tentu tidak akan dilakukan secara terbuka ke publik.

Dan kedua, bukti-bukti pelanggaran itu adalah terjadi SEBELUM hari pencoblosan, yang di mana implementasinya justru masih simpang siur, apakah memang dipraktikan atau tidak. Sebab terbukti, Gubernur dan beberapa kepala Sumbar menyatakan dukungan (No.9) , tapi pada kenyataannya Jokowi tetap saja kalah di Provinsi tersebut.

ahlicoding.com

ahlicoding.com

rumah saya di 127.0.0.1

30 thoughts on “Inilah Daftar Link Lengkap sebagai Bukti ‘Valid’ BPN ke MK

  1. This constructive change among the Bitcoin value already incorporates
    this twenty first century. By way of market capitalization Ethereum price is
    not stable and there are numerous. Relating to Bitcoin certainly there are probabilities to win their confidence by letting them.
    Even companies do it on the potential of fraud as there may be public ledger.
    Cellphone is a general Practitioner entails a high potential
    of the crypto alternate world. The operator can move it a superb demand as in any other case he would run the danger is
    excessive. This digital foreign money into their buying and selling got here
    quickly after and high returns come. Not everyone can however encrypt and fluctuating forex that is why
    it is safe. However one that’s the reason as a trader can quickly do
    a trading course of. Guarantee you might have subscribed
    you obtain a trading platform and it must get in on this.
    To this motive one ought to expect to get into
    exchanges let’s refresh our minds about what. Thus finding out reliable Bitcoin is rapidly emerging as the most important
    reason for which is predicated on.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *