GOBLOK! APD kualitas ‘Sponge Bob’, JELAS aja Tenaga Medis Banyak yang Tertular Corona

Wa udah kenyang membaca berita mengenai virus Corona, gimana lamban nya pemerintah mengatasi wabah pandemik ini, gimana gak disiplinnya warga kita sampe malangnya tenaga medis kita di garda terdepan.

Yang wa tau saat ini udah lebih dari 20 dokter meninggal dan sisanya tertular virus Covid-19 ini. Wa turut prihatin dan berduka.

Tapi satu yg mau wa soroti di sini, mengenai kualitas baju pelindung alias APD (Alat Perlindungan Diri) yang dipakai oleh Tenaga Medis kita. Asal lu orang tau aja, APD kita kebanyakan kualitasnya buruk, cuy. Kenapa wa tau ?

Ya karena wa pernah main di tekstil, dan wa gini2 juga dulu alumnus sebuah sekolah tinggi tekstil di Bandung.

Wa udah neliti dan dapatkan data dari banyak sumber , ternyata kebanyakan APD yang diberikan kepada tenaga medis kita, itu terbuat dari bahan spun bond, atau wa plesetkan aja jadi spongbob atau Sponge Bob ajalah sekalian.

Apa itu bahan spunbond ?

Dikutip dari sini. Spundbond merupakan kain sintetis yang terbuat dari bahan polypropylene atau biji plastik dengan serat panjang yang terikat dan tersusun kuat melalui proses kimiawi. Walaupun terbuat dari biji plastik dan melalui proses kimiawi namun kain spunbond merupakan bahan ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi lingkungan. Teksturnya yang kuat sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat goodie bag, atau tas belanja yang dapat digunakan berkali-kali.

BACA JUGA:  Label Syariah Halal

Tapi spunbond punya satu kelemahan: dia pori2 teksturnya gede. Ini yang bikin masalah. Kok bisa gitu? APD dari spongbob sama sekali tidak bisa melindungi, malah kecenderungan untuk menyerap air, rapuh dan pori2 nya gede.

Akibatnya apa? Jika APD berbahan spunbond dipakai petugas medis, droplet cairan yang mengandung virus Covid19 justru bakal terserap, dan akibatnya masuk ke dalam, lama-lama ini kontak tubuh , dan ahirnya tertularlah mereka.

Perlu diketahui bahan spongbob yang dipakai mereka adalah bahan untuk goodie bag.

Seharusnya, bahan yg layak dipakai buat APD adalah waterrepeallan, water resistant. Betul-betul anti air, dan bahannya mesti lulus uji kualitas seperti di video ini.

Beberapa bahan yang tersedia yang bisa lolos diantaranya: microgard (microfiber polyester high density coated), taslan (polyester HD PU coated) , PF (Plastic film), PP plastic, Nylon.

Apakah para produsen APD gak tahu soal ini?

Bisa iya bisa gak, tapi kalo bahan ini sampe dinyatakan layak pakai, itu kebangetan banget! Wa tahu kemarin Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pramono bahkan sampai menyerukan agar industri rakyat membuat APD dari bahan sunbond. Rakyat nya Ganjar bikin APD dari spongbob 50gsm, bahkan sama hvs aja lebih berat HVS (80gsm). GILA!

Kalo begini wa bisa bilang: bahkan ponco atau jas hujan masih jauh lebih aman dari APD, setidaknya beneran waterproff.

BACA JUGA:  Nazi-isme Tak Pernah Mati

OK-lah, wa gak terlalu mau nyalahin Pemerintah, atau Gubernur Jateng. Bisa jadi mereka cuman dapet info itu dari para pembisiknya. Nah, pembisiknya inilah yang mesti dipertanyakan. Kenapa kok sampe milih bahan kayak gini?

Untung aja, biarpun lambat Pemerintah akhirnya sadar, sehingga akhirnya kemarin ada kewajiban untuk APD disertifikasi.. dan sekarang para pedagang APD spongbob ini mulai obral besar2an… yang kemaren mereka masih sombong jual 150rb, sekarang banting harga ke 85rban.. berharap masih banyak orang dongo yang bakal borong barang mereka.

Wa gak tau ini kegoblokan siapa. Apakah emang karena kebodohan produsen atau memang disengaja ada maling anggaran. Bahan spunbond harganya tahun 2019 itu per m sekitar Rp 8rb, 1 APD ngabisin 2,5m plus ongkos jait sama sleting.

Sementara bahan yang bener waterpoof starting sekitar harga bahannya Rp 20rb/m, produk jadinya wa masih bisa jual dibawah 100rb, sementara bahan spongbob 150rb dibeuli. SARAP !!

Ya udahlah, daripada wa kesel terus2, mending wa akhiri tulisan ini. Wa cuman mau kasih info aja ke lu-lu orang, supaya bisa kritis, terutama kalo lu orang emang tergerak mau donasi APD ke tenaga medis buat nanganin Corona: TOLONG DIPASTIKAN KUALITAS BAHANNYA.

Pastikan bener2 bahan yg waterproff, tanyalah ke ahli tekstil profesional, masih banyak bahan waterproff yg bagus buat dibikin APD. memang Ga mesti mahal, tapi juga bukan bahan harga goceng per meter yang di-mark up sampe ratusan ribu.

BACA JUGA:  Jadi Netizen Berarti Membiarkan Otakmu Dicuci

Udah gitu kualitasnya buruk, bukannya meindungi malah bisa membuat tenaga medis kita makin beresiko tertular.

Sebagai seorang akademisi tekstil, wa marah besar sama para pedagang APD spongbob (spunbond) dan para pembelinya.
Barang murahan dijual mahal, barang ga layak pakai tapi dibeli. Sumbangan dari orang-orang yang tulus malah dibelanjakan barang yang bakal mencelakakan para tenaga medis

SAMPAH DIBELI MAHAL, NYAWA MEREKA TARUHANNYA

Credit to: Prof. Bennie Ferdiansyah , ahli Tekstil Seni – FSRD ITB

Koko Robert
Koko Robert 

Opini Cerdas menjunjung tinggi kebebasan berpendapat dan berbicara. Kami mengundang Anda menjadi Penulis, SIAPAPUN dan DARI PIHAK MANAPUN boleh membagikan opini dan pemikiran secara cerdas dan bertanggung jawab, TANPA SENSOR! Klik di sini




Suka Artike ini? Tolong di-Like dan Share:
RSS
Follow by Email
Facebook0
Google+0
https://opinicerdas.com/2020/04/goblok-apd-kualitas-sponge-bob-jelas-aja-tenaga-medis-banyak-yang-tertular-corona
Twitter20
Instagram20

1 thought on “GOBLOK! APD kualitas ‘Sponge Bob’, JELAS aja Tenaga Medis Banyak yang Tertular Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *